Senin, 02 April 2012

Cara install OS pada VirtualBox




Sebagaimana kita ketahui virtualbox adalah salah satu mesin virtual yang banyak digunakan, namun masih saja ada yang merasa kesulitan untuk cara install virtualbox. Berikut cara install virtualbox, untuk aplikasi bisa di download disini
VirtualBox bisa di install bermacam macam OS, dari yang jadul seperti windows 98 sampai dengan yang terbaru windows 8 atau yang suka linux dan lain lain. Proses installasi OS di dalam VirtualBox sama seperti menginstall OS pada PC seperti biasa. Caranya sebagai berikut:
  1. Silakan di install dulu VirtualBox-nya. Kemudian jalankan programnya.
  2. Setelah  install virtualbox kita buat Virtual Machine dulu, klik New, trus ikuti langkah-langkah yang ada, dari mulai setting Nama, Memory, Hard Disk dan selanjutnya.
7     
3. Sesudah Virtual Machine selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah pengaturan hardware apa saja yang akan kita pergunakan, mulai dari CD/DVD-ROM, FloppyDisk, Audio, Network, USB dan lain sebagainya seperti gambar berikut.

2 

Ukuran memory dan VGA jangan terlalu besar karena akan memberatkan system host ataupun terlalu kecil karena akan membuat  OS guest di Virtual Machine jadi lemot.
Selanjutnya silahkan install OS guest dengan caranya sama seperti install OS pada PC  biasa.
Untuk menginstall driver VirtualBox kita install VirtualBox Guest di OS Guest. Filenya sudah disertakan dalam folder program virtualbox dengan nama "VBoxGuestAdditions.iso" seperti gambar berikut.

12   

Untuk*- "VBoxGuestAdditions.iso" nya tinggal mount di CD/DVD-ROM yang ada di VirtualBox, lalu tinggal install di OS Guest nya.
Selanjutnya bisa di install aplikasi yang di butuhkan.
4 
 Selamat mencoba

1 komentar: